Update : Headphone Amplifier Loresek Diamond Rev. C




Headphone Amplifier Loresek Diamond Rev. C



Loresek Diamond adalah proyek headphone amplifer yang paling rumit yang pernah saya kerjakan. Menggunakan topologi composite dengan memadukan opamp (Voltage Feedback Amplifier - VFA) dan rangkaian diskrit (Current Feedback Amplifier - CFA) untuk mendapatkan hasil yang saya inginkan.













Beberapa kali membuat prototipe akhirnya bisa stabil di revisi ketiga (Rev. C). Perubahan yang saya lakukan dari versi sebelumnya adalah pada footprint saklar crossfeed, Cin Bypass, transistor power menggunakan D772/B882 dan penambahan Constant Current Source pada rangkaian diskrit.






Loresek Diamond Rev. C Parts Layout



Untuk bagian layout PCB juga saya sedikit melakukan revisi agar sebisa mungkin jalur-jalur sinyal khususnya jalur feedback bisa sependek mungkin untuk meminimalisir noise.





style="display:block"
data-ad-client="-"
data-ad-slot="8937794642"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">




Untuk hasil pengukuran juga tidak mengecewakan dengan THD : 0.00085%, THD+N: 0.0038% (tanpa beban) dengan harmonics profile dominan pada harmonik ketiga (3rd harmonics) sedangkan Voltage Swing pada beban 100Ohm adalah 10Vpp (3.56Vrms).






Loresek Diamond Rev. C Pengukuran THD & THD+N






Loresek Diamond Rev. C Voltage Swing @100Ohm



Rencana kedepan (jika memungkinkan) adalah untuk menambahkan fitur DC Offset detector / protector agar ketika kita mengganti opamp dan ternyata opamp tidak kompatibel, cans kita dapat terproteksi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url