MT3608 Low Noise Boost Converter

Banyak Chip/ IC boost converter yang beredar di pasaran saat ini, dari sekian banyak kenapa saya memilih MT3608 sebagai jantung pada kebanyakan proyek DIY saya? karena IC ini sangat mudah diimplementasikan, rendah noise, memiliki frekuensi switching yang tinggi yakni 1.2MHz dan yang paling penting adalah harganya yang murah 😉.



Disini saya mencoba untuk membagikan rangkain boost converter menggunakan MT3608 yang biasa saya gunakan pada proyek DIY Audio Portable yang saya buat. Memiliki spesifikasi +/- tegangan keluaran (jadi tidak perlu lagi menggunakan rangkaian rail splitter / virtual ground).



Pada bagian output saya menambahkan capacitance multipler yang berguna untuk mem-filter tegangan ouput agar lebih bersih (low noise).




Loresek MT3608 Low Noise Boost Converter



C1 dan C2 merupakan kapasitor input untuk menyaring tegangan yang masuk ke kaki Vin IC MT3608 dan induktor L1. Untuk C1 gunakanlah elco dengan ESR dan Impedansi rendah sedangkan untuk C2 gunakan kapasitor yang mampu bekerja pada frekuensi tinggi contohnya seperti kapasitor keramik.



Kapasitor charge pump C3 dan C4 bekerja pada frekuensi tinggi (sekitar 1.2MHz) gunakanlah kapasitor dari bahan keramik atau jenis lain yang mampu bekerja baik pada frekuensi tersebut.





style="display:block"
data-ad-client="-"
data-ad-slot="8937794642"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">


Rfb1 dan Rfb2 merupakan resistor feedback yang digunakan untuk menentukan tegangan keluaran, nilai kedua resistor dapat kita tentukan dengan menggunakan rumus berikut ini:




MT3608 Vout Formula





Jenis resistor feedback yang digunakan sebaiknya yang memiliki toleransi rendah (min 1%) untuk menghasilkan tegangan keluaran yang stabil.



Transistor Q1 dan Q2 harus mampu mengalirkan arus yang dibutuhkan, karna untuk keperluan portable, favorit saya adalah dengan menggunakan transistor BD139/140 atau 2n2222/2n2907 yang diparalel.



Terakhir, semua kapasitor output harus menggunakan kapasitor dengan ESR dan impedansi rendah karna selain sebagai reservoir juga berfungsi sebagai penyaring / filter tegangan output yang akan digunakan ke rangkaian yang akan kita gunakan

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url