Open Hardware XL6009 Boost Converter Module








Kali ini saya mencoba membuat module boost converter dari IC yang banyak dipasaran yakni XL6009. Module boost converter ini nantinya bakal jadi rangkaian PSU standar untuk proyek-proyek audio portable Loresek yang membutuhkan supply arus yang besar kedepannya.

XL6009 Boost Converter Simetris Module
XL6009 Boost Converter Simetris Module Schematic

Pada revisi pertama ini (Rev. A) module boost converter ini saya desain untuk menghasilkan tegangan keluaran yang simetris (+ GND -) dengan arus max sekitar 2 Ampere. Rangkaiannya sendiri sama dengan rangkaian boost converter yang menggunakan IC MT3608, hanya saja saya tidak memasukan rangkaian capacitance multipler.

XL6009 Boost Converter Simetris Module Board
XL6009 Boost Converter Simetris Module Board

Desain rangkaian dan PCB layout saya buat sebagai open hardware menggunakan aplikasi KiCad sehingga jika rekan-rekan ingin mencetak atau bahkan mengedit desainnya saya persilahkan. File KiCad dapat didownload pada repositori github saya, link akan disertakan diakhir post ini.







XL6009 Boost Converter Simetris Module

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url