Loresek KISS Class A Headphone Amplifier - Pengukuran (Part 3)

Setelah sabar nunggu hasil cetakan PCB Loresek KISS Class A Headphone Amplifier dari pcbway.com, ga pake lama langsung soldar-solder 😆. Tapi sebelumnya mau review sedikit tentang hasil cetak PCB di pcbway.com, untuk hasil pastinya oke, beda jauh sama hasil cetak lokalan (udah industrial standard). Selain itu, harga yang ditawarkan pun lebih murah ketimbang cetak lokalan (disini saya kadang merasa sedih).

 

Loresek KISS Class A Headphone Amplifier
Loresek KISS Headphone Amplifier

Ok, balik lagi ke hasil pengukuran si KISS Class A HeadAmp ini, untuk pengukuran setup yang digunakan adalah baterai 2 x 3.7V (ukuran 14500/ AA). Beban yang digunakan adalah resistor 47 Ohm, smartphone sebagai function generator dan untuk pengukuran nya sendiri menggunakan osciloscope USB Hantek 6022 dengan software openhantek6022 untuk ubuntu. Oiya satu lagi, untuk melihat profil spektrum, saya menggunakan aplikasi REW 5.0.













Pertama-tama saya mengukur tegangan output sebelum clipping, didapatkan hasil tegangan keluaran 1.30 Vpp / 457 mVrms. Jika dibandingkan dengan hasil simulasi terdapat perbedaan yang signifikan dimana tegangan output sebelum clipping pada simulasi bisa mencapai 4.6Vpp (2.3Vp), ini dikarenakan simulasi merupakan kondisi ideal tanpa ada pengaruh faktor eksternal seperti suhu, toleransi komponen, dsb.

KISS Class A HPA - Output Voltage tanpa beban
KISS Class A  HPA - Output Voltage tanpa beban


kemudian lanjut ke pengukuran tegangan output ketika ada beban, disini saya menggunakan resistor 47 Ohm sebagai beban, diperoleh hasil 1.27 Vpp / 444 mVrms.

 

KISS Class A HPA - Output Voltage dgn beban 47 Ohm
KISS Class A HPA - Output Voltage dgn beban 47 Ohm

Dari kedua pengukuran tersebut kita dapat mengetahui berapa output impedance dari KISS Class A headamp ini dengan menggunakan rumus: 

Zo = (RL*(V-VL))/VL

Zo = (47*(457-444))/444

Zo = 1.37 Ohm


Setelah mengetahui tegangan output dan output impedance, selanjutnya saya ingin mengetahui spektrum profil harmonik si KISS Class A Headphone Amplifier ini. Untuk mengetahuinya saya menggunakan aplikasi REW 5.0, diperoleh hasil seperti telihat berikut ini.

 

KISS Class A HPA - Spectrum Profile
KISS Class A HPA - Spectrum Profile

Loresek KISS Class A Headphone Amplifier memiliki second harmonic yang dominan, sesuai dengan hasil simulasi pada post-an sebelumnya. Dari penampakan profil harmonik di atas bisa ketebak dong tonal suaranya seperti apa? 😊

 

Berikutnya jika tidak ada halangan (males, bad mood, dkk 😄), kemungkinan akan saya bahas tentang proses soldering komponen-komponennya, Terimakasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url