Loresek Poorman Headphone Amplifier (Rev. A)






Loresek Poorman Rev. A



Kali ini saya mencoba mendesain headphone amplifier murah meriah (poorman) tapi tidak murahan. Berbasis Opamp dengan topologi composite, topologi yang saya lihat jarang digunakan padahal punya potensi bagus sebagai headphone amplifier karena memiliki performa DC dan AC yang sangat baik.





style="display:block"
data-ad-client="-"
data-ad-slot="8937794642"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">




Opamp yang digunakan untuk mendapatkan performa terbaik adalah dengan memadukan Opamp Voltage Feedback Amplifier (VFA) dan Current Feedback Amplifier (CFA) dimana Opamp VFA sebagai gain dan Opamp CFA sebagai buffer dan ditempatkan pada jalur loop. Untuk Harmonics profilenya bisa dilihat pada grafik berikut:






Harmonics Profile pada 1Khz / Load 150 Ohm






Harmonics Profile pada 10Khz / Load 150 Ohm





Loresek Poorman Headphone Amplifier ini menggunakan dual supply dengan real ground (bukan virtual ground) yang menjadi favorit saya untuk digunakan sebagai power supply karena lebih flexible dan mudah dalam grounding.



Power Supply pada Poorman HPA saya utamakan pada bagian filtering-nya sehingga terlihat banyak sekali capacitor yang berbaris pada PCB, hal ini sudah menjadi suatu kewajiban bagi saya untuk memberi perhatian khusus pada bagian ini, mengutip dari wejangan "Pak Guru" bahwa "jantung dari sebuah amplifier itu adalah power supply-nya". #sisiran 😎



Sebagian besar komponen yang saya gunakan adalah SMD dikarenakan ukuran amplifier ini mungil (sekitar 80mm x 40mm) dan nantinya akan saya sematkan baterai dengan kapasitas lumayan besar agar memiliki play time yang lumayan lama (diatas 8 Jam).



Walau termasuk kategori budget headphone amplifier, tak lupa saya tambahkan fitur delay turn on pada output untuk mengurangi efek pop noise pada saat amplifier dinyalakan/dimatikan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url