Pico Pi DAP Zero by NZC

Pico Pi DAP Zero by NZC

Sementara XIAO DAP Zero di pause dulu, karena masih mencari pencerahan DAC Amp berikutnya untuk dipasangkan. Sekarang lagi penasaran sama tetangganya, Pico Pi DAP Zero by NZC yang berbasis Raspberry Pi Pico.

Fitur:

  • Pico Pi DAP Zero ini punya fitur yang lebih banyak dibanding XIAO DAP dan juga mendukung banyak format file audio selain .WAV seperti .MP3, .FLAC, dan .AAC.
  • Ada fitur digital filter juga untuk DAC chip yang didukung.
  • Playback control juga lebih lengkap daripada XIAO DAP, diantaranya Play, Pause, Seek, Repeat one, dan Repeat Album/ Folder.
  • Bisa juga sebagai USB DAC, dengan max bit depth 24Bit/ 96Khz
  • Album Art dengan format 160x160 Pixel

Tanpa ba...bi...bu... langsung garap PCB protonya. Untuk urusan cetak masih saya percayain ke PCBWay.

Pico Pi DAP Zero by NZC

Digital Section:

Pico Pi DAP Zero by NZC

Pada proses soldering baru sadar kalo banyak part yang ga sesuai sama footprint yang ada :LoL: terpaksa diakalin yang penting bisa nyala dulu, hihi......

Untuk Pico Pi DAP Zero ini menggunakan eksternal clock generator untuk menghasilkan sinyal I2S-nya. Clock generator yang digunakan adalah Si5153 menghasilkan sinyal BCK, LRCK, dan MCLK.

Pico Pi DAP Zero by NZC

Analog Section:

Pico Pi DAP Zero by NZC

Bagian DAC Amp masih sama seperti yang dipake di XIAO DAP yakni kombo TDA1387 (DAC) dengan Formula3HP dibagian Amp-nya.

Berhubung di Pico Pi DAP volume digital-nya bisa berfungsi dengan baik, jadi pada bagian potensiometer di-bypass biar keliatan lebih ringkas/ kompak.

Listening Test:

Ok, setelah PCB beres disolder saatnya tes suara, kesan pertama yang saya denger itu adalah hissing yang begitu kerasa padahal pada bagian analog section saya buat sama persis seperti pada XIAO DAP. Mungkin ini karena menggunakan volume digital jadi hiss-nya begitu kerasa.

Jika dibanding XIAO DAP, Pico Pi DAP Zero masih belum bisa seenak XIAO menurut saya. XIAO punya black background yang bagus, bahkan cans sensitif yang rawan hiss aja bisa lolos.

Bugs:

Punya banyak fitur ternyata banyak juga bugs-nya. Untuk format file yang lancar diputar hanya .WAV, selainnya masih kurang bahkan bisa bikin player hang (not responding).

Rencana Kedepan:

Pico Pi DAP Zero by NZC

Karena masih penasaran, akan dibuat revisi PCB dengan perbaikan pada sisi footprint, jalur PCB, dan skema rangkaian.

Pico Pi DAP Zero by NZC

Khusunya pada analog section, akan menggunakan dual DAC untuk menghasilkan BALANCED out dan Single Ended out.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url